Dinilai Kompak, Pokja Kelurahan Pasar Madang Raih Penghargaan

Tanggamus, – Usai digelarnya acara penganugrahan Lomba Vlog Peran Remaja Cegah dan Tanggulangi Covid-19 di Kabupaten Tanggamus (6/10) kemarin dalam rangka mengapresiasi pelaksana Program Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Terbaik 2021.

TP PKK Kelurahan Pasar Madang berhasil meraih Juara Terbaik Lomba Pokja 4 (empat) terkait Upaya Pencegahan Covid-19 tingkat Kelurahan/Desa, Kamis (7/10/21).

Disampaikan Yeni Alawiyah Ketua TP PKK Kelurahan Pasar Madang kepada Tim Konsorsium Multimedia Indonesia (KMI) DPD Tanggamus, dirinya sangat bersyukur dan berterimakasih kepada kader Pokja 1, 2, 3 dan 4 TP PKK kelurahan Pasar Madang atas Pencapaian Juara Unggulan Program Pokja 4 TP PKK Kabupaten Tanggamus, dari hasil evaluasi penilaian panitia TP PKK Tanggamus yang diumumkan secarq langsung oleh Ketua TP PKK Tanggamus Hj Sri Nilawati atas pencapaian Penilaian hasil akhir kegiatan kemarin.

“Alhamdulillah, berkat kekompakan ibu – ibu kader TP PKK Kelurahan Pasar Madang yang telah berupaya dan berusaha menjadi yang terbaik dalam mengikuti ajang perlombaan Program TP PKK Kabupaten Tanggamus tingkat Kelurahan/Desa, sehingga dapat meraih juara Program Unggulan Pokja 4 TP PKK Kabupaten Tanggamus,” ucapnya.

Dikesempatan itu, Yeni menceritakan keluh dan kesan selama dilaksanakannya lomba tersebut, terdapat banyak kesan ceria dan gembira selama dilapangan.

“Sedikit kendala yang dialami, karena kerjasama, kompak dan semangatnya yang luar biasa, akhirnya bisa teratasi dengan sendirinya,” ujarnya.

Lanjutnya, “Dengan adanya kegiatan ini, banyak juga ilmu yang didapat untuk memajukan TP PKK Kelurahan Pasar Madang ini,”tukasnya.

Sementara, menanggapi adanya perolehan kejuaraan unggulan Pokja TP PKK, Dede Chandra S.IP, Lurah Pasar Madang mengapresiasi kinerja TP PKK baik Pokja 1, 2, 3 dan 4 dalam melaksakan Perlombaan tersebut sampai meraih Kejuaraan tingkat Kabupaten Tanggamus.

“Alhamdulillah, sudah terbukti Pokja 4 TP PKK Kelurahan Pasar Madang meraih juara unggulan Terbaik se – Kabupaten Tanggamus, terlepas dari upaya semua Pokja atas kekompakannya selama ini, sehingga tercapailah hasil yang maksimal yang mana Pokja Kelurahan Pasar Madang dapat mewakili Kecamatan Kota Agung,” kata Dede.

Selanjutnya, Dede mengucapkan rasa terimakasih kepada Kader TP PKK Kelurahan Pasar Madang yang telah berupaya semaksimal mungkin mengikuti kegiatan perlombaan tersebut.

“Terimakasih kepada kader TP PKK baik Pokja 1, 2, 3 dan 4. Disitu kita melihat kekompakan itu terjalin dan bisa membuktikan bahwa kelurahan pasar madang bisa mengikuti ajang yang maksimal ke tingkat Kabupaten,” tuturnya.

Dede berharap, supaya TP PKK selalu kompak dan kedepannya, mudah mudahan akan menjadi yang terbaik dari tahun kemarin. Insyaallah ditahun depan TP PKK Kelurahan Pasar Madang dapat mengikuti perlombaan ketingkat yang lebih tinggi dan dapat mengharumkan Kabupaten Tanggamus yang lebih Asik,” tutupnya.

Mengutip laman berita sebelumnya, Ketua TP PKK Tanggamus Hj. Sri Nilawati Syafi’i menyampaikan laporannya, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk memberikan penghargaan dan memotivasi TP-PKK Kecamatan, TP-PKK Pekon dan kader-kader PKK serta kader-kader Posyandu Remaja agar terus semangat melaksanakan 10 Program Pokok PKK.

“Apresiasi diberikan kepada pekon percontohan yang telah dibina oleh TP-PKK secara komprehensip dan di evaluasi oleh TP-PKK Kabupaten, sehingga diperolah Terbaik 1, 2 dan 3, yakni Terbaik 3 pekon percontohan Sinarbanten Kecamatan Talangpadang, Terbaik 2 Pekon Ngarib Kecamatan Ulubelu, dan Terbaik ke 1 Pekon Datarajan Kecamatan Ulubelu,” terang Sri Nilawati.

Selanjutnya, apresiasi juga diberikan kepada kecamatan yang telah melaksanakan program unggulan Pokja 1, 2, 3 dan 4, sehingga dari hasil evaluasi ditetapkan Pelaksana Terbaik Pokja 1 Posyandu Remaja, Pelaksana Terbaik Pokja 2 UP2K, Pelaksana Terbaik Pokja 3 Hatinya Suka PKK dan Pokja 4 terkait Upaya Pencegahan Covid-19.

“Pokja 1 Pekon Gistingbawah Kecamatan Gisting, Pokja 2 Pekon Airnaningan Kecamatan Airnaningan, Pokja 3 Pekon Campang Kecamatan Gisting, Pokja 4 Kelurahan Pasarmadang Kecamatan Kotaagung,” jelasnya.

Sedangkan Penganugerahan diberikan kepada Pemenang Lomba Vlog dengan tema : Saatnya Remaja Berperan Cegah Covid-19, ditetapkan Juara 1, 2, 3 dan Juara Terfavorit.

“Terbaik ke 3 Posyandu Remaja Pekon Tegalbinangun Kecamatan Sumberejo, Terbaik ke 2 Pekon Sudimoro Kecamatan Semaka, Terbaik ke 1 Posyandu Remaja Pekon Sukanegeri Jaya Kecamatan Talang Padang,” tukasnya.

Disisi lain, Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani mengapresiasi kegiatan tersebut yang disampaikan lewat sambutannya.

“Gerakan Pemberdayaan Masyarakat yang dilaksanakan di Kabupaten Tanggamus sangat luar biasa. Karena tidak hanya terbatas pada ibu-ibu tetapi sudah menyentuh pada remaja atau generasi muda,” ucapnya.

Lanjut Bupati, “Hal ini tentu merupakan prestasi yang sangat membanggakan dan perlu diberi apresiasi, dan faktanya baru-baru ini Ketua TP-PKK Kabupaten Tanggamus juga telah menerima penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) 2021 dari BKKBN,” ujarnya.

Sementara, menurut Bupati Penghargaan MKK ini diberikan sebagai apresiasi atas kepedulian dan dukungan terhadap kemajuan Program Keluarga Berencana.

“Hal ini menunjukkan bahwa TP-PKK Tanggamus dan jajarannya memang sudah tidak diragukan lagi kiprahnya dalam bermitra dengan Pemerintah dan OPD dalam mendukung program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat,” ungkapnya.

Dalam hal ini, Bupati mengajak kepada seluruh perangkat daerah Kabupaten Tanggamus untuk terus mendukung dan bersinergi dengan TP PKK dalam melaksanakan program-programnya.

“Mari kita dukung bersama pelaksanaan program-program TP-PKK di Kabupaten Tanggamus yang bertujuan memberdayakan masyarakat menuju
sejahtera yang merupakan cita-cita kita bersama,” pungkas Bupati. (Ibnu/Agus)

Tim Konsorsium Multimedia Indonesia (KMI) DPD Tanggamus.

Andi Raya / Korwil KMI Pusat Wil. Tanggamus
M. Darwin Saputra, HB / Ketua DPD KMI Tanggamus
M Ibnu Mas’ud / Sekretaris DPD KMI Tanggamus
Agus Priyanto / Humas DPD KMI Tanggamus